Kuliner Enak di Dieng yang patut anda coba

Setiap berkunjung ke setiap obyek wisata disuatu tempat pasti anda tidak hanya melihat keindahan suatu tempat tersebut atau keunikan tempat tersebut karena tidak lengkap apabila anda tidak mencicipi kuliner khas di daerah tersebut yang tentu kelezatannya hanya akan anda dapatkan ditempat tersebut. Apalagi saat anda berkunjung ke Dieng , dataran tinggi yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini memiliki suhu yang begitu dingin sehingga sangat cocok untuk pecinta kuliner karena lapar pasti akan segera tiba menghampiri anda dengan segera.

Terus apa yang bisa anda coba cicipi kuliner di Dieng ini ? Ada beberapa kuliner dan bahkan apabila anda berburu di kota Wonosobo maka anda bisa mendapatkan kuliner yang begitu khas dan sangat lezat untuk anda nikmati karena memang rasa khas melekat dari masakan asli orang Wonosobo. Berikut kuliner enak di Dieng yang patut anda coba saat berwisata ke Dieng.

Mie Ongklok

mie onklokMie Ongklok adalah kuliner wajib yang harus dicoba oleh wisatawan saat berkunjung ke Dieng, rasa yang khas akan menggoyang lidah anda terutama kuah dari Mie Ongklok yang bernama loh terbuat dari tepung kanji sehingga memiliki teksture yang kental berbeda dari pada mie yang lainnya. Tak lupa potongan sayur dari daun kubis dan kucai yang direbus bersama mie kuning akan menjadikan rasa lebih menggoda untuk dicoba. Yang tak akan kalah menggoda adalah anda bisa menikmati Mie Ongklok ini bersama dengan pendampingnya yaitu sate sapi dan tempe kemul yang begitu crispy.

Untuk mendapatkan rasa yang khas atau tips dari kami maka anda bisa memotong tempe kemul dan mencampurnya didalam Mie Ongklok sehingga akan tercipta rasa yang tidak terlupakan saat anda menyantap bersama dengan patner kerja, sahabat maupun keluarga. Untuk mendapatkan kuliner khas ini anda bisa mengunjungi tempat makan yang memang khusus Mie Ongklok seperti Mie Ongklok Longkrang, Mie Ongklok Pak Muhadi dan Mie Ongklok Bu Umi.

Sega Megana khas Wonosobo

Sega Megana memang bukan asli khas kota Wonosobo atau Dieng, namun anda bisa mencoba nasi megono yang khas Wonosobo yaitu rasanya begitu manis namun ada sedikit tambahan rasa asin. Yang membuat beda adalah dimana ada nasi megana Wonosobo ini pasti akan ada selalu tempe kemul, ya tempe kemul merupakan makanan wajib ada ketika nasi megono ini hadir. Rasa renyah dan tempe yang mlenuk istilah dari masyarakat Dieng maupun Wonosobo ini bisa membuat anda kecanduan untuk mencoba Sega Megana khas Wonosobo. Makanan khas ini hanya bisa anda nikmati saat sarapan saja karena apabila sudah siang menjelang biasanya penjual sudah mulai tutup karena memang porsinya yang mini sesuai untuk sarapan saja.

Olahan Buah Carica

gambar kuliner khas diengCarica adalah buah yang berasa dari dataran tinggi Andes , Amerika Selatan ini hanya tumbuh diketinggian 1.500 mdpl hingga 3.000 mdpl. Untuk di Indonesia sendiri anda hanya bisa menemukan buah Carica di Dieng dan di Bali saja, namun apabila di Bali anda tidak bisa menemukan buah Carica kerena di Bali buah ini bernama Gedang Memedi. Hasil olahan buah Carica ini bisa anda nikmati dalam bentuk manisan, atau keripik dengan rasa khas Carica namun apabila anda menginginkan untuk mencoba buah Carica langsung maka anda bisa mencobanya saat berkunjung ke setiap obyek wisata. Rasa buah yang asam sedikit manis dan teksture daging buah yang kenyal memang menjadi ciri khas buah ini untuk dijadikan olahan manisan yang bisa anda bawa pulang untuk oleh – oleh keluarga dirumah.

Purwaceng

purwaceng diengPurwaceng atau dalam bahasa latinnya adalah Pimpinella Pruatjan ini merupakan tanaman yang hanya hidup di ketinggian 2.000mdpl, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan tumbuhan pegagan namun tidak merambat membuat tanaman khas Dieng ini sulit untuk ditemukan karena untuk membudidayakan diperlukan ketlatenan khusus agar bisa menghasilkan biji yang akan ditanam kembali. Olahan dari tanaman Purwaceng ini biasa dijadikan minuman namun yang berkhasiat adalah pada bagian akarnya yang kemudian diolah dan menjadi bubuk dan diseduh untuk diminum.

Untuk mendapatkan minuman Purwaceng anda bisa membeli disepanjang warung disetiap obyek wisata atau di Pusat Oleh – Oleh khas Dieng , biasanya sudah dalam bentuk kemasan berupa sachet dengan rasa yang bervariasi seperti rasa kopi, rasa teh dan rasa original. Diketahui minuman Purwaceng ini banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Dieng karena khasiatnya yang begitu unik yaitu bisa menambah gairah seks atau stamina untuk pria maupun wanita.

Itulah beberapa kuliner yang enak dan bisa anda coba saat berwisata ke Dieng mulai dari Mie Ongklok, Sega Megana, Olahan Buah Carica hingga mencoba minuman Purwaceng. Semua bisa anda temukan saat berwisata ke Dieng, namun apabila anda masih ragu dan bimbang maka anda bisa menggunakan jasa tour wisata ke Dieng mulai dari wisata Dieng selama satu hari, dua hari hingga tiga hari. Untuk mendpatkan tawaran menarik anda bisa langsung menghubungi kami segera dengan nomor kontak yang tertera di website ini.