Home » Wisata Sejarah

Wisata Sejarah

wisata sejarah dieng

Wisata Sejarah Dieng merupakan tujuan destinasi utama tour ke Dataran Tinggi Dieng yang sangat fenomenal. Meskipun Dieng terkenal akan wisata alamnya, kekayaan daya terik wisata sejarah yang dapat disaksikan di Dieng plateau dapat menghibur dan memberi wawasan luas kisah masa lalu di Dieng Plateau yang telah terukir dalam bangunan bagunan kuno berupa candi-candi, serta arca-arca Dieng. Situs-situs candi sebagai wisata sejarah Dieng mampu menjadi magnet para pelancong berkunjung ke Dieng yang konon katanya sebagai pusat peradaban Hindu tertua di Pulau Jawa serta menjadi tempat bersemahyamnya para dewa.

Dataran Tinggi Dieng menawarkan banyak kesempatan untuk mennyatu secara langsung dengan sejarah Dieng masa lalu yakni menelisik candi-candi kuno beraliran Hindu yang sebagian masih berdiri dan sebagaian besar lainnya telah runtuh di telan zaman. Peradaban sejarah Dieng bermula pada perkiraan abad ke VII setelah masehi pada masa kerajaan Dynasti Sanjaya. Bangunan-bangunan sejarah kuno tersebut diperkirakan runtuh atau hancur karena adanya bencana alam yang bertubi-tubi seperti letusan gunung berapi atau keluarnya gas beracun serta perpindahan peradaban dari Matarah Hindu ke Mataram Islam sehingga candi-candi tidak lagi digunakan sebagai tempat peribadatan.

Berwisata sejarah ke Dieng memberi nuansa yang asyik bukan klasik karena suasana menyenangkan serta udara sejuk diantara landscape panorama alam indah akan membuat siapa saja betah untuk tinggal saat para pelancong berwisata sejarah di Dieng Plateau. Para pengunjung akan disuguhi bangunan-bangunan kuno seperti candi-candi Dieng, aneka tempat persembahan nan sacral serta arca-arca penjaga candi ataupun rumah-rumah dizaman terdahulu yang sering disebut dharmasala dengan bangunan masih utuh diantara perbukitan-perbukitan di lahan rerumputan yang menghijau.

Pada masa Kerajaan Majapahit dalam alkisah Kitab Tantu Panggelaran disebutkan bawha Gunung Dieng atau Dihyang yaitu sebagai salah satu tempat Dewa Civa makanya dijuluki sebagai tempat persembahan Dewa Civa terindah untuk kalangan kepercayaan umat Hindu zaman dahulu. Namun hingga abad ke 19 cerita tentang Dihyang atau Dieng tidak terdengar lagi dan kini cerita Dieng mulai diungkap dari berbagai peneliti bahwa Dieng merupakan tempat wisata sejarah kuno yang patut dilestarikan karena masih banyak peninggalan-peninggalan purbakala.

Wisata sejarah Dieng