Home » Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

wisata kuliner dieng

Wisata Kuliner di Dieng Plateau merupakan wisata yang paling dikejar para wisatawan. Berwisata Kuliner di Dieng mampu memberikan pengalaman berbeda selain menikmati wisata panorama alam khas pegunungan yang dijuluki sebagai tempat bersemahyam para Dewa ini yang memiliki keberagaman objek wisatanya. Suasana dan cuaca Dieng sangat mendukung untuk kulineran dan jenis kulinerannya pun juga sangat pas, hawa dingin pegunungan akan dihangatkan dengan semangkuk mie kuah hangat terkenal akan mie ongkloknya bersama minuman ginseng Dieng yaitu Purwaceng beserta kudapan-kudapan khas Dieng lainnya -seperti tempe kemul dan olahan dari bahan baku jamur atau kentang serta Anda akan di bawa melayang dengan menikmati segarnya manisan carica ketika terik mulai tiba. Jamuan kuliner khas Dieng bisa wisatawan dapatkan di berbagai restaurant area Wonosobo, rumah makan atau tempat makan di Dieng, di berbagai objek wisata Dieng ataupun di berbagai toko oleh-oleh khas.

Wisata kuliner manisan carica


buah carica dieng

Tidak ada perjalanan ke Dieng yang lengkap tanpa menyantap manisan carica yang lezat. Buah carica merupakan buah khas Dieng hanya ada dan tumbuh di area Dataran Tinggi Dieng dari seluruh wilayah Indonesia. Jadi suatu kesempatan yang teramat berharga Anda bisa kulineran carica langsung di tempat tumbuhnya buah ini. Carica dikemas menjadi minuman segar paling fenomenal yaitu manisan carica in syrup. Rasakan kesegaran buah carica yang segar diantara alam memukau tanpa batas. Anda dapat menemukan kulineran Dieng menu minuman diberbagai restaurant atau rumah makan. Manisan carica merupakan oleh-oleh paling khas dan wajib Anda bawa selagi mengadakan tour ke Dieng. Rasanya lebih nikmat jika disajikan dengan ditambahkan es.

Buah carica mulai tumbuh baik pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Sepanjang perjalanan para wisatawan akan disuguhi tanaman aneh mirip seperti papaya, berdaun lebar, batangnya bercabang dan memiliki buah seperti belimbing menempel rimbun di setiap dahannya. Rasa original buah carica tidak seenak jika sudah diolah menjadi manisan carica, rasa daging buahnya asam seperti nanas tapi untuk bijinya enak layaknya buah markisa. Jika Anda ingin menyantap buah carica original harus dikupas dan dicuci bersih karena getahnya sangat gatal jika tersentuh oleh bibir.

Wisata kuliner Gingseng Dieng Purwaceng


purwaceng dieng

Purwaceng adalah minuman khas yang paling dicari-cari ketika seseorang sedang tour ke Dieng. Purwaceng menjadi sangat fenomenal namanya karena khasiat serta memiliki banyak manfaat. Purwaceng menjadi minuman penghangat tubuh paling greng ketika wisatawan berburu wisata alam di Dieng Plateau. Minuman ini seperti ginseng, rasanya pedas sehingga bisa mencairkan hawa udara dingin Dieng. Menikmati sajian minuman penghangat dikala kabut putih serta hawa dingin mulai menyelimuti Dieng akan membuat liburan Anda semakin sempurna.

Banyak orang membicarakan tentang minuman Purwaceng identik dengan bapak-bapak atau kaula pria karena minuman Purwaceng memiliki khasiat lebih untuk meningkatkan seksualitas para lelaki. Sebenarnya khasiat Purwaceng tidak hanya untuk seksualitas saja, para kum wanita juga bisa merasakan kehangatan minuman purwaceng ketika sedang mengadakan trip ke Dieng baik disantap langsung di lokasi atau bisa dibawa pulang. Ada beberapa khasiat penting minuman purwaceng Dieng diantaranya memperlancar peredaran darah, menghangatkan tubuh, sebagai obat tradisional masuk angin, obat cacing, anti bakteri, anti kanker, penghilang rasa sakit serta bisa memperlancar buang air kecil. Anda ingin coba????

Wisata kuliner Mie Ongklok

mie onklok

Mie ongklok merupakan hidangan khas yang patut dicoba saat berlibur ke Dieng atau Wonosobo. Mie ongklok menjadi sangat fenomenal karena kelezatannya. Semangkuk mie ongklok akan terasa nikimat saat disantap di hawa dingin pegunungan. Diracik dengan bumbu rempah alami tradisional menjadikan mie ongklok memiliki cita rasa khas. Kulineran mie ongklok bisa Anda dapatkan diarea Dieng atau area kota Wonosobo. Banyak warung-warung makan atau restaurant menjadikan menu yang satu ini menu utama mereka.

seperti apakah komposisi mie ongklok itu? Mie ongklok ialah mie berkuah, tekstur kuahnya kental tapi jika sudah diaduk dari sebuah bahan-bahan yang ada dimangkuk menjadi encer. Komposisi mie ongklok terdiri dari mie kuning, daun kubis, daun kucai. Kuah mie ongklok diracik dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seperti rempah-rempah ala Jawa yang dikasih sedikit Ebi sehingga rasanya semakin lezat di lidah. Sebutan kulineran yang satu ini muncul karena cara memasaknya diongklok atau dicelupkan berulang kali ke dalam air mendidih hingga campuran mie kuning, kubis serta daun kucai masak pada keranjang bambu kecil. Makanan pendamping yang sangat cocok selagi menikmati sajian mie ongklok ialah sate sapi kering, tempe kemul dan geblek (aci goreng).

Wisata kuliner aneka kudapan khas

tempe kemul

Suhu udara Dieng yang menggigit dan cerah mampu menghantarkan Anda pada santapan nikmat aneka kudapan atau camilan khas Dieng. Kudapan khas Dieng yang paling diminati wisatawan seperti aneka olahan kentang local, tempe kemul dan olahan jamur Dieng. Tempe kemul adalah kudapan khas Dieng berbahan baku tempe kedelai. Tempe kedelai digoreng kering pada minyak tanah yang diselimuti adonan tepung tempe kemul, saat disantap kulineran yang satu ini terasa gurih dan renyah. Tempe kemul merupakan makanan favorit penduduk local maupun wisatawan.

Di tengah-tengah hawa udara pegunungan nan sejuk, ada santapan local menemani perjalanan tour Anda ke Dieng. Anda bisa menemukan berbagai olahan kentang goreng dan aneka olahan jamur Dieng yang dijajakan pada warung-warung mungil di area objek wisata Dieng.

Dengan nuansa pegunungan berhawa dingin menggigit dan cerah, Dataran Tinggi Dieng dapat menghantarkan Anda mencicipi cita rasa kuliner sefantastis pemandangannya. Tanah yang subur, tekstur alam beragam mampu menghasilkan makanan segar dan khas pagi wisatawan pecinta kulineran.