Inilah 4 Tips Agar Travelling ke Dieng Anda Mengesankan

Inilah 4 Tips Agar Travelling ke Dieng Anda Mengesankan

obyek wisata dieng plateau

Inilah 4 tips agar travelling ke Dieng Anda mengesankan. 4 tips travelling ke Dieng ini akan benar-benar membuat waktu libur Anda selama mengunjungi Dataran Tinggi Dieng menjadi sebuah liburan yang mengesankan. Ke Dieng memang harus mengetahui beberapa tips traveling terlebih dahulu entah tour ke Dieng bersama keluarga, rekan sebaya kerabat atau teman instansi kantoran. Beberapa tips agar traveling ke Dieng Anda mengesankan mencakup beberapa item diantaranya planning waktu, obyek wisata kunjungan, siapa yang mendampingi tour anda serta akomodasi yang digunakan selama tour nyaman dipandang serta nyaman dirasakan.
Dieng kebanyakan menyuguhkan berbagai obyek wisata berupa alam pegunungan jadi persiapannya pun perlengkapan untuk wisata gunung bukan pantai agar perjalanan liburan ke Dieng terasa nyaman. Dieng dapat dikunjungi kapan saja asalkan planning Anda dan rombongan tepat. Agar rencana perjalanan ke Dieng lancar dan nyaman inilah 4 tips agar travelling ke Dieng Anda bersama orang-orang tercinta menjadi sebuah perjalanan liburan mengesankan.

1. Tahu planning waktu yang tepat


Inilah tips pertama agar liburan ke Dieng Anda mengesankan yaitu tahu betul planning waktu yang tepat saat berkunjung. Waktu menjadi pertimbangan utama ketika hendak melakukan perjalanan tour ke Dieng. Anda terlebih dahulu diharuskan untuk melihat kalender, ditanggal berapakah planning liburan ke Dieng? Biasanya memang saat tanggal merah atau long weekend baru Anda sempat menghabiskan waktu liburan. Perlu Anda ketahui Dieng adalah salah satu tempat wisata paling popular di Jawa Tengah, jadi bila mempunyai planning waktu hari libur, siap-siap untuk berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Terkadang susah untuk mengambil spot objek pilihan serta berkendaraanpun sulit. Kalau memungkinkan kami merekomendasikan liburan ke Dieng ketika weekday saja jadi semua obyek wisata Dieng serasa milik sendiri.

Mengetahui planning berikutnya ialah tentang musim apa Anda datang ke Dieng. Di Indonesia hanya ada 2 musim ya, musim kemarau dan musim penghujan. Bila Anda memiliki planning disaat musim penghujan atau kebetulan hanya bisa liburan dimusim tersebut maka harus siap dengan beberapa resiko yaitu ketika di berbagai obyek wisata Dieng Anda akan ditemani mendung dan hujan atau kabut tapi terkadang meskipun musim penghujan landscape indahpun juga tampak. Bila Anda memiliki hoby Photography pastinya musim kemaraulah planning yang tepat berlibur ke Dieng. Sepanjang hari Anda akan ditemani oleh langit cerah. Jadi tahu planning waktu yang tepat akan membuat travelling atau perjalanan ke Dieng Anda berkesan atau tidak dikecewakan.

2. Tahu aneka tempat istimewa di Dieng


Ke Dieng tapi tidak mengetahui aneka ragam tempat istimewa ialah hal yang paling disayangkan saat berlibur ke daerah pegunungan ini. Dieng simpan banyak obyek wisata menawan ada yang sebagian telah popular dan adapula sebagaian besar yang masih tersimpan rapi dan belum banyak yang mengetahuinya apalagi Anda adalah orang-orang luar daerah bahkan terkadang orang-orang lokalpun tidak mengetahui detail tempat wisata di Dieng hanya orang-orang lokal yang selalu berjelajah alam Dienglah mengetahui aneka tempat istimewa di Dieng tersebut.

Saat ini internet adalah cara jitu untuk mendapatkan berbagai informasi tentang Dieng termasuk obyek kunjungan istimewa. Terkadang ada seseorang yang tidak menyukai tempat wisata yang itu-itu saja sehingga mencari aneka tempat istimewa Anti-mainstream orang-orang gaul menyebutnya. Tempat istimewa di Dieng bukan berarti meninggalkan obyek wisata popular di Dieng yang telah ramai dibicarakan, dengan moment yang tepat mungkin obyek wisata terkenal tersebut menjadi sangat istimewa untuk Anda. Dan kebanyak bagi para pecinta photography landscape tentunya akan mencari-cari tempat istimewa tersebut meskipun harus berjalan jauh atau mendaki gunung demi menemukan spot bagus yang jarang orang mengetahuinya. Hal inilah yang akan menjadikan perjalanan liburan Anda ke Dieng menjadi mengesankan.

3. Mendapatkan pemandu yang tepat


Tidak ada salahnya ketika Anda bepergian jauh dari rumah meminta seseorang untuk mendampingi perjalanan tour contohnya saat berkunjung ke Dieng. Ada beberapa alasan mengapa membutuhkan pendamping tour saat berlibur ke Dieng karena Anda belum mengetahui betul soal wilayah Dieng. Pemandu tour atau wisata biasanya berasal dari orang-orang lokal setempat jadi mereka telah hafal jalan, sejarah ataupun tempat-tempat wisata yang direkomendasikan. Salah satu keuntungan mengikuti perjalanan tour berpemandu ialah, waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia karena tidak tahu tempat yang dikunjungi, kemudian Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang Dieng, serta dengan perjalanan berpemandu itinerary yang telah Anda rancang tidak akan hancur berantakan, tinggal sebut nama lokasi yang diinginkan, pendamping tour Anda siap antar. Inilah yang akan menjadikan travelling ke Dieng Anda mengesankan dengan agenda terarah.

4. Menemukan tempat istirahat nyaman


Tempat istirahat atau penginapan ialah bagian terpenting saat Anda melakukan travelling, bagaimana perjalanan menjadi mengesankan bila tempat istirahat yang didapat tidak nyaman. Bila Anda ingin travelling ke Dieng, bookinglah penginapan terlebih dahulu sebelum datang. Ada banyak referensi jenis penginapan sesuai keinginan. Penginapan di Dieng berupa hotel atau homestay. Memang untuk akomodasi penginapan di Dieng atau Wonosobo sangatlah terbatas, fasilitasnya pun masih alakadarnya tapi harganya memang mahal. Perlu Anda ketahui penginapan paling popular di Dieng Plateau ialah berupa homestay. Homestay merupakan rumah-rumah penduduk yang sengaja kamarnya disewakan untuk wisatawan, jadi lumayanlah serasa tinggal dirumah karena ada fasilitas ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan lain-lain.

Tempat istirahat yang nyaman tidak harus mahal akan tetapi nyaman dan bersih. Bila Anda dan rombongan tidak suka keberadaannya diusik oleh orang lain maka carilah penginapan yang disewakan perumah. Ada beberapa contoh penginapan rekomendasi yang nyaman untuk istirahat Anda ketika berlibur ke Dieng diantaranya Ade Homestay, BBS Homestay, Afinda Homestay, HS Homestay dan Risa Homestay. Itulah beberapa rekomendasi penginapan yang bisa Anda sewa ketika sedang berlibur ke Dieng. Kualitas kenyamanan istirahat Anda tergantung oleh seberapa nyaman tempat menginapnya, dan kenyamanan tempat menginap akan mempengaruhi perjalanan ke Dieng menjadi mengesankan atau tidak.

Demikian ulasan singkat tentang 4 tips travelling Anda ke Dieng agar perjalanan liburan Anda menjadi mengesankan dan tidak membosankan. Sebelum beranjak merencanakan tour ke Dieng, Anda harus meresapi ke empat tips tersebut agar perjalanan liburan Anda tidak terbuang secara sia-sia.