Mengintip Kemewahan Hijaunya Savanna Dieng di Musim Penghujan

padang savanna dieng

Dikala musim penghujan tidak ada salahnya jika Anda memiliki planning tour ke Dieng. Dataran tinggi Dieng cocok dikunjungi untuk semua musim baik musim panas maupun musim penghujan. Ada daya tarik salah satu Obyek Wisata Dieng yang menarik pengunjung untuk datang. Mengintip kemewahan alam serta hijaunya rerumputan di lembah savanna Dieng menjadi populer di kunjungi saat musim penghujan tiba. Gerimis tidak jadi masalah ketika Anda diajak adventure Dieng, menyibak savanna hijau yang dikelilingi rimbunnya hutan Akasia Dieng.

Lembah Sumurup atau lebih dikenal dengan Savanna Dieng terletak pada Bukit Pangonan di dekat Plateau Dieng. Savanna lebih identik dengan semak-semak berwarna kuning atau coklat kering dan biasanya akan ditemukan saat musim panas atau musim kemarau tiba, ketika musim penghujan Anda akan menemukan pengalaman berbeda, rerumputan kering berubah seketika menjadi padang rumput hijau nan luas. Area padang savanna Dieng tidaklah rata seperti lapangan, teksturnya lebih berbukit-bukit mungil menjadikan lokasi ini elok dipandang mata.

Suasana hening dan tenang akan tercipta di area padang Savanna Dieng, bau rumput segar akan menyelimuti suasana di lembah ini. Padang savanna memang sangatlah cocok untuk mengobati kerinduan Anda akan suasana damai, asri dan sekedar melemparkan sejenak semua urusan sehari-hari untuk bersantai di pegunungan Dieng. Begitu luasnya area padang savanna Dieng tidak menciutkan nyali Anda untuk bergegas pergi sebab takut akan keramaian atau hiruk pikuk pengunjung lain karena ada banyak spot objek dan titik yang bisa Anda pijak.

Waktu paling tepat ketika hendak berkunjung ke padang savanna Dieng pada musim penghujan ialah pagi hari start dari Dieng kurang lebih pukul 07.00 pagi sebelum kabut mulai menyelimuti area Dieng. Untuk sampai ke titik savanna Dieng, Anda harus terlebih dahulu tracking atau melakukan pendakian dengan medan lumayan menanjak. Ada beberapa titik pendakian menuju Savanna Dieng yang dapat Anda pilih tergantung tour instruktur Anda atau keinginan seperti apa yang Anda minta.

Wisatawan bisa start dari Desa Karangsari, Dukuh, Dieng Kulon. Disinilah sudah dibuka jalur untuk pendakian Gunung Pangonan yang akan membawa Anda untuk mengintip kemewahan hijaunya lembah Savanna Dieng. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit tracking. Kemudian jalur terpendek selanjutnya ialah wisatawan dapat melewati obyek wisata Kawah Sikidang Dieng. Disana ada jalan setapak menaiki bukit dengan semak belukar lumayan rimbun dan terkadang menutupi jalanan, jalur ini cocok untuk menjajal jiwa Adventure Anda. Waktu yang dibutuhkan lumayan singkat dengan perjalanan standard hanya 25 menit saja. Medannya lebih berat dari pada melewati medan track dari Desa Karangsari Dukuh tapi waktu lebih terasa singkat.

Panorama alam tersaji di Savanna Dieng saat musim penghujan ialah hamparan rerumputan luas berbukit mungil berwarna hijau berbentuk seperti mangkuk yang menandakan ribuan tahun silam telah terjadi letusan sangat dahsyat sehingga membentuk lembah begitu luas di tengah-tengah Pangonan. Savanna Dieng dikelilingi hutan akasia nan rimbun sehingga suasana menjadi sangat hening dan syahdu. Savanna Dieng sangat cocok untuk sekedar jalan atau bagi Anda yang memiliki hobby photography, serta area ini juga cocok sebagai wahana mengadakan mini outbound karena tersedia lokasi yang sangat luas sehingga tidak mengganggu wisatawan lain.

Mengintip Kemewahan Hijaunya Savanna Dieng di Musim Penghujan
Rate this post

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.