telaga merdada dieng

3 Daya Tarik Telaga Merdada

Obyek wisata Telaga Merdada merupakan salah satu telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng. Luas areanya kurang lebih 15 hektar. Telaga Merdada merupakan salah satu obyek wisata Dieng yang masuk ke dalam daftar buku wisata Dieng dan termasuk ke dalam tujuan wisata Dieng zona 2. Telaga Merdada terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur yang memasuki wilayah Kabupaten Banjarnegara. Jarak dari Desa Dieng menuju obyek wisata Telaga Merdada sejauh 3,9 km. Para wisatawan dapat menjangkau Telaga Merdada melalui Jalan Jaya Dieng selama kurang lebih 13 menit menggunakan kendaraan tanpa terhalang macet. Adapun 3 daya tarik Telaga Merdada Dieng yang akan membuat para wisatawan ingin segera berkunjung berjelajah menyesap keindahan panorama alam Telaga Merdada Dieng Plateau diantaranya adalah sebagai berikut.

Bentuknya seperti mangkuk raksasa

Telaga Merdada terbentuk akibat letusan gunung berapi tak lain halnya ialah akibat aktivitas vulkanik Gunung Dieng ribuan tahun silam. Dahsyatnya letusan dimasa lalu sehingga menyisakan kapundan kawah besar yang membentuk cekungan luas menyerupai mangkuk raksasa. Telaga ini memang memiliki daya terik tersendiri diantara telaga-telaga lainnya yang ada di Dieng karena bentuknya. Selain dinobatkan sebagai telaga terluas di Dieng Plateau, Telaga Merdada sangat elok dipandang mata. Telaga yang dikelilingi oleh tebing dan bukit yang kakinya menjulur sampai ke tepian air akan membuat siapa saja tercengang akan keindahannya.

Areanya yang sangat luas, semakin membuat wisatawan betah untuk tinggal meskipun hanya sekedar menikmati hawa dingin pegunungan Dieng serta Anda dapat leluasa mencari spot objek sebagai sarana mencari gambar-gambar alam terbaik Telaga Merdada. Bagi Anda para pecinta Photography Landscape, menjauhlah dari tepian danau dan mendakilah hingga bibir perbukitan sekitar untuk mendapatkan the best photo landscape serta menikmati kedamaian seutuhnya dari tempat yang lebih tinggi. Sering terlihat juga perahu-perahu kecil yang membawa wisatawan hilir mudik berkeliling telaga atau para warga sekitar yang sedang mencari ikan di Telaga Merdada.

Jarang wisatawan yang tau

Meskipun telah tercatat ke dalam daftar obyek wisata di Dieng, Telaga Merdada merupakan salah satu telaga di Dieng yang jarang pengunjungnya karena terletak agak jauh dari obyek wisata di Dieng lainnya seperti Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang ataupun Telaga Warna yang selalu berjubel pengunjung tanpa henti.

Telaga Merdada memiliki daya tarik tersendiri karena alamnya yang masih alami, belum banyak tersentuh para wisatawan. Memang fasilitas masih apa adanya akan tetapi sangatlah enak dan cocok bagi Anda yang tidak suka keramaian sehingga bebas mencari beberapa spot objek untuk pengambilan foto tanpa terhalang oleh wisatawan lainnya. Suasana hening dan tenang karena terletak di antara perbukitan membuat setiap pengunjung betah untuk singgah sementara mengisi waktu liburan Anda baik bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Penduduk lokal nan ramah

Sebagian besar bukit dan lembah yang mengelilingi Telaga Merdada dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai area pertanian kentang ataupun carica dan disebelah timur telaga juga terdapat barak-barak budidaya jahe jepang atau disebut juga Wasabi. Tak heran Anda akan menemui dan bertegur sapa dengan para penduduk lokal yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Petani yang mengolah lahan di sekitar Telaga Merdada sangatlah baik, mereka masih menjunjung tinggi adat ketimuran. Hangatnya sapaan mereka yang tulus dan ramah akan menggetarkan setiap wisatawan yang datang. Berbaurlah bersama mereka, pengalaman tak tertandingi akan didapatkan, mengetahui culture, sosial, serta budaya akan menjadi pengalaman yang tak ternilai harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.