telaga warna dan telaga pengilon dari bukit sidengkeng

7 Telaga Dieng Menawan yang Bikin Kangen Para Wisatawan

Bagi Anda yang pernah mengunjungi Dieng yang pastinya ada beberapa hal baik cerita asyik perjalalanan tour Dieng maupun kesan saat mengunjungi obyek wisata alam Dieng seperti ketika berkunjung ke kawah Dieng, candi Dieng, Gunung Dieng ataupun Telaga Dieng. Berikut 7 Telaga Dieng yang akan membuat para wisatawan kangen untuk datang lagi ke Dieng.

1. Telaga Warna

Telaga warna dieng plateau
Telaga Warna Dieng

Telaga Warna memang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Dieng. Dari kesekian banyak telaga di Dieng yang menjadi symbol Dieng tertulis sejak dahulu adalah Telaga Warna. Telaga warna merupakan telaga yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Telaga Warna memang memiliki warna-warna yang khas dan inilah yang menyebabkan Anda kangen untuk kembali ke Dieng. Perpaduan warna yang sering terlihat diantaranya warna hijau, biru, kuning, coklat maupun silver. Ada banyak spot obyek yang bisa di manfaatkan untuk menyalurkan hoby foto Anda diantaranya dari tepian Telaga Warna secara langsung atau dari Batu Pandang dan Bukit Sidengkeng.

2. Telaga Pengilon

batu pandang dieng plateau jawa tengah
Telaga Pengilon di sebelah kanan

Telaga Pengilon sering di sebut-sebut sebagai telaga kembarannya Telaga Warna karena letaknya yang berdampingan hanya saja telaga ini memiliki perbedaan yang kontras yaitu berkaitan dengan warna. Telaga Pengilon sesuai namanya memang tidak berwarna seperti Telaga Warna karena tidak mengandung belerang. Anda dapat berkeliling Telaga Pengilon untuk merasakan keheningan serta keindahan area telaga. Meskipun berair biasa Telaga Pengilon sangat asyik untuk memotret landscape alam Dieng. Background pegunungan akan menambah dramatis hasil jepretan Anda. Spot lain yang bisa Anda gunakan untuk memfoto telaga ini ialah Batu Pandang dan Bukit Sidengkeng. Dari kedua titik inilah pemandangan alam 2 telaga Dieng yakni Telaga Warna dan Telaga Pengilon akan terlihat.

3. Telaga Cebong

Desa sembungan dieng desa tertinggi di pulau jawa
Telaga Cebong Dieng

Telaga Cebong merupakan salah satu telaga Dieng yang akan membuat Anda ingin kembali ke Dataran Tinggi terindah di Jawa Tengah ini. Telaga Cebong berada di desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu tepatnya di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar dan memasuki Kabupaten Wonosobo. Telaga Cebong berada di antara pertanian kentang yang berbukit. Jadi pemandangan alamnyapun sangat luar biasa. Telaga ini berada di kaki Bukit Sikunir makanya selalu rami dikunjungi oleh para pelancong yang datang. Ada berbagai aktvitas yang dapat Anda saksikan di sekitar Telaga Cebong diantaranya aktivitas para petani kentang Dieng yang sedang bercocok tanam di ladang-ladang mereka di sekitar telaga, Ada yang mengemudikan perahu untuk wisatawan yang ingin berkeliling telaga, jika sore hari Anda dapat menemukan orang-orang yang sedang asyik menyalurkan hoby mereka memancing. Anda bisa bergabung dengan penduduk local yang sedang memancing di Telaga Cebong. Banyak spot objek yang bikin rindu untuk kembali datang ke Telaga Cebong. Titik yang biasa digandrungi oleh wisatawan untuk mengambil foto telaga ialah titik yang diambil dari Puncak Bukit Sikunir. Syaratnya harus mendaki bukit kurang lebih 30 menit perjalanan saja.

4. Telaga Dringo

telaga dringo dieng
Telaga Dringo Dieng

Ada banyak foto-foto bagus Telaga Dringo bermunculan di internet. Telaga inilah yang membuat Anda rindu untuk datang kembali ke Dieng Plateau bersama keluarga, rekan atau sahabat. Telaga Dringo mempunyai lokasi unik karena jauh dari pemukiman maupun obyek wisata lain yang ada di Dieng. Dari zona 1 sebagai obyek wisata utama di Dieng jaraknya kurang lebih 17 Km. Jadi memang jarang wisatawan dari luar kota mengunjungi Telaga Dringo. Jalanan yang lumayan ekstrim akan membuat siapa saja tertantang untuk datang karena ada telaga cantik dan pemandangan alam elegan akan di dapat.

5. Telaga Merdada

telaga merdada dari bukit pangonan dieng
Telaga Merdada Dieng

Telaga Merdada Dieng merupakan telaga terluas di Dieng Plateau. Telaga ini terbilang nyaman di kunjungi karena area nya yang luas. Anda akan berakrab ria dengan para petani kentang yang berada di sekitar Telaga Merdada. Selain mendapatkan pemandangan indah, culture serta kebiasaan penduduk local akan menambah wawasan Anda saat berkunjung ke Dieng. Telaga Merdada memang sumber air untuk pertanian para warga. Disini juga aktivitas memancing dapat Anda saksikan bahkan di bulan-bulan tertentu ada event tahunan lomba memancing ikan di Telaga Merdada. Spot objek yang bagus untuk memotret Telaga Merdada ialah dari perbukitan sekitar sebagai contoh dari Bukit Pangonan Dieng. Disinilah Anda akan melihat area Telaga Merdada secara keseluruhan.

6. Telaga Swiwi

Letaknya memang strategis dan mungking menjadi telaga yang dinobatkan telaga terkecil di Dieng. Jika dilihat secara awam telaga ini memang memiliki luas yang tidak terlalu besar hanya seperti kolam biasa. Tapi jangan salah Telaga Swiwi sangat asyik untuk sekedar beristirahat. Tempatnya yang nyaman dan bisa untuk berteduh sesaat akan membuat pikiran kembali fresh dan siap untuk melanjutkan berjelajah Dieng.

7. Telaga Menjer

telaga menjer dieng
Telaga Menjer

Telaga Menjer telaga yang memiliki pemandangan alam luas dan lepas. Telaga ini berada di ketinggian 1.200 mdpl tepatnya di Desa Menjer, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Memang berada bukan di area Dieng Plateau tapi tepat di balik pegunungan Dieng. Lokasinya dekat dengan Kabupaten Kota Wonosobo, akses untuk menuju kesana pun mudah. Ada satu hal yang akan membuat wisatawan kangen untuk kembali ke telaga ini yaitu ketika diantar para tukang perahu untuk berkeliling ke Telaga Menjer. Cukup lama juga kurang lebih 45 menit Anda akan di bawa berkeliling menikmati Telaga Menjer. Ada beberapa spot objek yang biasanya dimanfaatkan para wisatawan untuk mengabadikan moment terindah yaitu naiklah sedikit menuju perkebunan the tambi yang berada di Desa Tlogo. Disitulah Anda bisa memotret Telaga Menjer secara keseluruhan. Memang agak susah mengambil foto telaga menjer keseluruhan dari tepi telaganya langsung karena telaga ini cukup luas. Demikian ulasan tentang 7 Telaga yang membuat siapapun yang pernah datang ke Dieng untuk datang kembali mengunjungi dataran tinggi negerinya para Dewa ini. Selamat berkunjung kembali.

3 Replies to “7 Telaga Dieng Menawan yang Bikin Kangen Para Wisatawan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.