buah carica dan manisan carica dieng

Carica Tanaman Khas Negeri Kahyangan

Tak hanya kaya wisata alam yang beraneka ragam saja seperti sunrise cantik, telaga menawan, candi-candi kuno maupun kawah-kawah yang masih aktif. Dieng juga kaya akan keanekaragaman hayati seperti aneka sayuran Dieng, cabe gendot, purwaceng dan yang paling tenar di negeri kahyangan ini adalah tanaman carica.

Seperti apakah carica?

Carica merupakan tanaman sebangsa papaya tapi tidaklah sembarang papaya dan bahkan bukan papaya yang sering kita konsumsi pada umumnya. Carica adalah papaya khas Dieng dan di Indonesia hanya tumbuh di Dieng saja. Makanya tanaman ini di buru banyak orang-orang yang sedang berwisata kedaerah dataran tinggi ini. Carica tumbuh baik mulai di ketinggian 1.700 mdpl. Pohon carica memanglah unik. Batang dan daunnya hampir mirip seperti papaya akan tetapi pohon carica ini bercabang banyak. Tentu sangat berbeda dengan papaya biasa yang jarang bercabang.

Mungkin sebagian orang mengira buah carica sangatlah aneh karena mempunyai ukuran sangat mungil dan memiliki struktur buah seperti belimbing. Buah carica ini menempel pada batang-batang pohon. Rasa buah carica sangatlah unik. Rasa dagingnya asam seperti buah nanas dan rasa bijinya seperti buah markisa. Jika dimakan segar tidaklah sesedap aromanya karena sangatlah asam. Jika ingin mencicipi buah carica Dieng biasanya sudah ada dalam bentuk makanan khas Dieng berupa manisan carica.

Makanan olahan carica Dieng

Sekarang ini hampir seluruh masyarakat Dieng Wonosobo membuat aneka makanan olahan. Kebanyakan jajanan khas tersebut berbahan baku carica. Produk utama buah carica ialah manisan carica. Manisan carica ini sangat laku di pasaran. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Dieng mereka pasti membawa buah tangan yang satu ini. Meskipun berat saat membawanya ke kampung halaman tetap saja mereka tak segan-segan membeli jajanan special Dieng yang satu ini. Makanya sekarang banyak produk-produk home industy yang mengembangkan manisan carica. Tak hanya untuk konsumsi local dan ditempat wisata saja, manisan carica sudah merambah ke berbagai daerah. Ada beberapa jenis kemasan yang diproduksi, mulai kemasan kecil, sedang dan besar.

Manisan keringpun juga di buat akan tetapi tak setinggi minat orang-orang yang menginginkan manisan basah in syrup. Buah carica Dieng tidak hanya di buat manisan saja, syrup carica yang rasanya nikmat dengan aroma menggoda juga di produksi oleh para pengolah makanan khas. Syrup carica ini di jual dalam kemasa botol sedang dan cocok juga sebagai oleh-oleh khas penanda sudah berkunjung ke Dieng Plateau. Kripik carica salah satu hasil produk buah carica. Kripik ini terbuat dari bahan utama buah carica yang di campur dengan bahan lain seperti gulan maupun tepung. Meskipun sudah menjadi kripik rasa carica masih terjaga.

One Reply to “Carica Tanaman Khas Negeri Kahyangan”

  1. Zahra

    Kalau ke Dieng jangan lupa bawa oleh-oleh yang satu ini. Pokoknya kamu-kamu yang dari kota panas seperti Jakarta rugi dech kalau tga bawa carica. kalau sudah sampai rumah taruh aja di kulkas. Rasanya lebih mantab………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.