candi dwarawati dieng

Mengenal Candi Dwarawati yang Tersembunyi

candi dwarawati dieng

Mengunjungi situs-situs obyek wisata dieng purbakala seperti candi-candi kuno akan menjadi suguhan utama saat Anda berkunjung untuk liburan ke Dataran Tinggi di Jawa Tengah ini. Biasanya tempat yang ramai dikunjungi para wisatawan yang datang hanyalah beberapa candi yang terletak strategis dan pastinya mudah dijangkau maupun yang terlihat dari jalan seperti Komplek Candi Arjuna, Candi Setiaki, Candi Gatutkaca maupun Candi Bima.

Kali ini Anda akan dibawa merasakan kedamaian alam Dieng menuju ke Candi Dwarawati Dieng Plateau. Candi Dwarawati memang terlihat unik karena lokasi bangunan kuno ini menjauh dari candi-candi Dieng lainnya yang semuanya hamppir berdekatan. Candi Dwarawati di bangun oleh nenek moyang jaman dahulu di tanah kosong agak berbukit diantara persawahan, tepatnya di pinggir pedesaan yaitu Desa Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara.

Memang Candi Dwarawati terbilang jarang dikunjungi wisatawan karena terletak di pinggir desa dan harus melewati perkampungan kecil Desa Dieng Kulon. Bentuk bangunan candi Dwarawati tidak berbeda dengan candi-candi Dieng lainnya dengan berbentuk catur muka candi ini menghadap ke sebelah barat membelakangi matahari terbit. Ukuran Candi dwarawati juga minimalis yaitu hanya berukuran 5,30 m x 5,30 m yang berbentuk bujur sangkar. Candi ini juga selesai dipugar pada tahun 1980 sehingga sekarang sudah bisa dinikmati keindahannya.

Cara menuju Candi Dwarawati


Cara menuju ke Candi Dwarawati nan indah ini sangatlah mudah karena masih satu lokasi di area Dieng Plateau zona 1, memang agak masuk kampung tapi dijamin wisatawan tidak akan merugi. Untuk menuju lokasi Candi Dwarawati Anda harus memasuki Gang Desa yang bertuliskan Dwarawati tampak di sisi jalan utama Dieng Plateau kawasan pariwisata. Memang harus faham betul saat ingin menuju area ini karena banyak sekali pertigaan yang harus Anda pilih, Anda juga bisa menanyakan kepada penduduk sekitar dimana Candi Dwarawati berada.

Tidak jauh dari gang Dwarawati sekitar 5 menit perjalanan berkendara sampailah di kaki bukit kecil dimana Candi Dwarawati Berada. Tampak tangga-tangga mungil tertata rapi sebagai jalan utama ke area Candi Dwarawati. Perjalanan terasa asyik ketika melintasi para petani sedang bercocok tanam maupun memanen kentang-kentang mereka yang dapat dilihat dari sisi kanan kiri jalan bertangga itu. Disana terlihat cantiknya bangunan candi menyendiri di atas bukit dengan background Gunung Prau yang masih rimbun dengan pepohonan menghijau serta perbukitan-perbukitan lain.

Nuansa di Candi Dwarawati


Suasana sepi, nyaman serta damai akan menyelimuti siapa saja yang sedang menyapa salah satu peninggalan kuno yaitu berupa bangunan candi ini. Karena sedikit orang yang tau keberadaannya maka masih terlihat keasliannya saat dinikmati. Rerumputan tipis yang menghijau akan membuat siapa saja betah untuk sekedar duduk-duduk mengagumi bangunan candi beraliran Hindu ini serta landscape alam nan menawan. Sekali-kali Anda juga bisa menyapa maupun sekedar tanya-tanya kepada petani di sekitar area ini dan pastinya mereka akan tulus menyapa Anda.

Jangan lewatkan mengunjungi salah satu peninggalan Hindu tertua di Pulau Jawa yang terletak menyendiri di pinggiran desa yakni Candi Dwarawati kenyamanan serta kedamaian akan menyelimuti setiap hati yang datang untuk mengunjungi cagar budaya yang satu ini yang masih tertinggal utuh di bumi kahyangan Dieng, buminya para dewa bersemayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.