Asyiknya Menikmati Mie Ongklok, Kuliner Khas Ala Wonosobo

Asyiknya Menikmati Mie Ongklok, Kuliner Khas Ala Wonosobo

Siapa yang suka berburu makanan khas? Jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi kuliner khas ala Wonosobo yang terkenal dengan sebutan Mie Ongklok, mampirlah sebentar untuk menghangatkan badan Anda dan menghilangkan rasa lapar setelah asyik berjalan-jalan menikmati keindahan alam Dataran Tinggi Dieng. Pastinya akan terasa sangat nikmat jika menjajal kuliner khas Wonosobo ini setelah menghabiskan waktu seharian untuk berkeliling telaga-telaga, candi-candi, kawah-kawah maupun menikmati sunrise Dieng dengan hawa yang begitu Dingin.

Buang rasa penasaran Anda berserta keluarga maupun rekan tercinta untuk mampir ke restoran maupun warung-warung kecil yang khusus menyediakan mie ongklok. Tentu saat liburan tiba warung-warung mie ongklok yang kebanyakan masih warung-warung kecil yang berada di tepi-tepi jalan padat pengunjungnya. Mereka semua sangat antusias untuk berburu kuliner khas yang satu ini. Mau tau kenapa di sebut mie ongklok dan bagaimana cara pembuatannya ya? Mie onngklok, sesuai sebutan namanya si kuliner khas Wonosobo ini memang diambil dari cara memasaknya yaitu di ongklok-ongklok atau dalam bahasa indonesianya adalah di celupkan berulang kali di air mendidih.

sate sapi pendamping mie ongklok wonosobo
Sate sapi sebagai pendamping santap kuliner khas Wonosobo yaitu mie ongklok

Cara pembuatan mie ongklok ini memang terlihat sederhana tapi butuh skill juga agar mie ongklok terasa khas. Pertama-tama harus disiapkan terlebih dahulu racikan bumbu dan bahannya seperti mie kuning, kubis/daun kol, daun kucai, bumbu kental dengan rempah-rempah plus ebi, tahu bacem serta bumbu kacang. Daun kol dan daun kucai biasanya sudah di potong-potong kecil. Potongan sayur tadi akan di tambahkan mie kuning dan siap dimasukkan keranjang bambu kecil inilah sebagai sarana untuk mengongklok racikan mie tadi. Mie kuning, daun kucai serta potongan kubis diongklok berulang kali ke air mendidih sampai matang baru di sajikan di mangkuk-mangkuk kecil, kemudian ditambahkan kuah kental dengan bumbu rempah yang mempunyai tekstur kental serta ditambahkan bumbu kacang. Ada juga yang di taburi tahu bacem atau suwiran ayam tergantung warung-warung mie ongkloknya. Saat penyajian mie ongklok ini jangan lupa juga teman sejatinya dan malah menjadi pendamping utama saat memakan mie ongklok yaitu sate sapi. Bagi wisatawan yang suka pedas, sambel lombok ijonya juga bikin kita menggoyang lidah lho.

tempe kemul wonosobo pendamping mie ongklok
Tempe kemul dan geblek sebagai pendamping saat makan mie ongklok dan kuliner khas Wonosobo

Saat ingin berburu makanan yang satu ini memang harus sabar apalagi pas hari libur atau long weekend tiba, Anda harus mengantri lama demi semangkok mie ongklok hangat. Tapi dijamin tidak akan merugi karena aroma dan rasa mie ongklok akan menggoyang lidah Anda. Saat mengantri Anda juga mencicipi kuliner khas Wonosobo lainnya seperti tempe kemul maupun geblek yang biasanya tersedia di warung-warung khusus mie ongklok. So jangan sampai terlewatkan ya untuk menjajal buruan utama wisatawan ke Dieng yaitu mie ongklok yang sudah tenar sampai pelosok daerah jangan lupa juga menjajal minuman khas Dieng yaitu Purwaceng dan pepaya kerdil Dieng yaitu si buah unik Carica. Selamat mencoba.