air terjun sikarim dieng jawa tengah

Siapkan Diri Berpetualang Menjelajah Air Terjun Sikarim

air terjun sikarim dieng jawa tengah
Air Terjun Sikarim Dieng yang tampak rimbun dengan popohonan hijau di sekitarnya.

Nikmati perjalanan menangtang di Dataran Tinggi Dieng dengan menyibak perjalanan yang masih perawan. Rasakan hembusan angin alami dan pemandangan liar dan luar biasa indahnya saat berpetualang menjelajah air terjun cantik yang tenar dengan sebutan Curug Sikarim. Air terjun Sikarim ini menjadi suguhan utama para pecinta pesona waterfall yang sedang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Tak hanya sensasi matahari terbit, kawah-kawah, candi-candi maupun telaga-telaga yang dapat Anda lihat tapi lengkapi perjalanan liburan Anda ke Dieng dengan mengunjungi air terjun Sikarim Dieng.

air terjun sikarim dieng jawa tengah
Jalan menuju air terjun sikarim dari arah desa Mlandi

Saat hendak bercengkrama dengan air terjun Sikarim Dieng terlebih dahulu kita akan menyusuri perjalanan panjang. Jalanan penuh liku, dan banyak juga jalan rusak. Untuk menuju Curug Sikarim ini direkomendasikan menggunakan motor khusus tracking untuk mobil pribadi yang tidak terbiasa dengan medan menantang memang tidak direkomendasikan.

Anda tidak akan merasa rugi saat berjelajah ke Air Terjun Sikarin pemandangan perbukitan nan menghijau diiringi dengan pertanian sayur yang membentang luas menjadi suguhan utama. Mungkin saat perjalanan menuju air terjun Anda akan banyak berhenti untuk mengeluarkan kamera sebagai bekal inti para petualang. Sepanjang jalan spot-spot objek yang tampak menggoda dan terlihat sangat elegan.

air terjun sikarim dieng jawa tengah
Penduduk sekitar di area air terjun Sikarim yang sedang melakukan aktivitas harian mereka yaitu bertani/bercocok tanam

Rasakan keramahan penduduk lokal yang hidup di kaki pegunungan Dieng, mereka sangat ramah dan sangat menghargai siapa saja yang datang. Mereka hidup di pedesaan yang terbilang loh jinawi yaitu subur dan makmur. Ini juga menjadi salah satu daya tarik saat hendak menuju air terjun Sikarim. Hanya sededar berbincang-bincang dengan penduduk lokal yang sedang bertani di ladang mereka saja kita dapat merasakan kehangatan dan ketulusan yang lahir dari hati yang paling dalam.

air terjun sikarim dieng jawa tengah
Pemandangan sekitar air terjun sikarim Dieng Jawa Tengah

Suasana pedesaan masih terasa kental yaitu orang-orang sekitar yang masih mengandalkan pertanian di Surga Kahyangan ini. Jika beruntung Anda juga bisa bertegur sapa dengan Bajang Dieng yaitu si Anak Gimbal Dieng.

wasabi dieng
Tanaman wasabi yang ada di sepanjang jalan menuju air terjun Sikarim yang masih di budidayakan secara baik.

Di tempat inilah kita dapat melihat pertanian wasabi secara langsung. Banyak lahan pertanian wasabi yang dikelola pemerintah Jepang dan mereka membudidayakan di tempat ini di jalan menuju Curug Sikarim. Pepohonan dan hutan-hutan pakis masih terlihat rimbun. Berasa lega saat ketempat ini karena hutan rimba masih menghijau rimbun disana.

air terjun sikarim dieng jawa tengah
Air terjun Sikarim dengan air yang deras dan jernih

Setelah kurang lebih 1 jam berjalanan sampailah di air terjun Sikarim untuk bercumbu dan menjeburkan diri di air yang gemerlap jenih. Air Terjun Sikarim yang sangat jernih ini dan banyak diminati para pelancong berasal dari mata air yang terletak di perbukitan di atasnya yang masih terlihat rimbun di tumbuhi pepohonan. Lokasi air terjun sikarim berada dekat dengan Desa Sembungan yaitu desa tertinggi di Pulau Jawa yang terkenal dengan lokasi untuk melihat Golden Sunrise Sikunir menawan dan paling terkenal di Jawa Tengah. Air Terjun Sikarim tepat di bawah Desa Sembungan dan di atasnya Desa Mlandi. Air terjun ini tidak memiliki ketinggian yang terlalu ekstrim hanya 100 meter dan dikelilingi hutan-hutan hijau maupun hutan pakis nan rimbun disana.

air terjun sikarim dieng jawa tengah
Landscape alam di sekitar Air terjun Sikarim Dieng

Ada 2 pilihan jalur saat ingin menuju Air Terjun Sikarim. Jika dari arah Wonosobo ambilah jalur dari Desa Garung di arah jalan menuju Telaga Menjer. Alternatif ke dua yaitu Anda dapat menyusuri jalanan yang teramat curam dari Desa Sembungan Dieng. Biasanya orang-orang menggunakan jalur dari Telaga Menjer Garung dan menggunakan jalur pulang melewati Desa Sembungan Dieng.

2 Replies to “Siapkan Diri Berpetualang Menjelajah Air Terjun Sikarim”

    • Admin Web Dieng

      Curug Sikarim terletak di bawah Desa Sembungan. Akses menggunakan mobil masih sulit jadi direkomendasikan menggunakan sepeda motor atau lintas alam. Dari Desa Sembungan menuju curug masih jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.