purwaceng dieng

Apa Sih Purwaceng Itu ?

purwaceng dieng
Inilah tanaman purwaceng sebagai gingseng Dieng yang merambat di atas tanah.

Ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Yang terkenal dengan minuman penghangatnya atau gingseng Diengnya. Siapa sih yang tidak tau Purwaceng? Tentunya nama purwaceng tidak lagi asing di kalangan para wisatawan yang hadir. Hampir semua pelancong yang sedang berlibur ke Dieng pasti menanyakan minuman yang satu ini. Purwaceng memang salah satu minuman khas terfavorite para pelancong yang sedang bepergian ke Dieng. Minuman khas Dieng ini sangat cocok di nikmati di daerah yang berhawa dingin seperti Dieng. Purwaceng ini tumbuh baik di Dieng di ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut.

purwaceng 2
Tanaman purwaceng di olah menjadi minuman penghangat khas Dieng dari semua bagian daun, batang dan akar

Purwaceng merupakan tumbuhan berkhasiat seperti gingseng dan memiliki rasa khas yaitu pedas. Tanaman dengan nama ilmiah Pimpinella Pruatjan tergolong tanaman langka di Dieng. Untuk pembudidayaan tanaman purwaceng juga sangatlah sulit dan waktu pembudidayaannya terbilang lama tidak seperti kentang yang hanya 3 bulan maupun tanaman carica yang cara tumbuhnya mudah. Untuk harga purwaceng Dieng ini terbilang mahal dibanding minuman berkhasiat lain.

purwaceng dieng
Akar purwaceng yang berbentuk seperti gingseng

Sebelum membawa minuman khas Dieng ini tentunya Anda harus tau apa khasiat dari purwaceng Dieng. Purwaceng memang identik dengan para Pria yaitu bermanfaat untuk meningkatkan stamina atau sebagai jamu untuk meningkatkan  kemampuan seksual pria makanya sering disebut-sebut sebagai viagranya Indonesia yang diracik seperti jamu tradisional. Tapi tidak hanya pria saja yang bisa mengkonsumsi purwaceng, wanita pun sangat dianjurkan meminum minuman penghangat tubuh dari negeri para Dewa ini. Tidak hanya identik untuk meningkatkan stamina saja dari si tamanan khas Dieng ini, purwaceng juga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran tubuh, menghangatkan tubuh, sebagai obat tradisionl untuk masuk angin, obat cacing, anti bakteri, anti kanker, penghilang rasa sakit serta juga dapat memperlancar buang air kecil. Nah ternyata purwaceng sebagai tumbuhan khas Dieng ini memang kaya manfaat, dan bagi Anda yang sedang ataupun berencana mengisi liburan Anda ke Dieng jangan lupa untuk menikmati hangatnya purwaceng di daerah yang sering di juluki negeri di atas awan. Anda dapat menemukan purwaceng di pusat oleh-oleh khas Dieng Wonosobo maupun di area tempat wisata Telaga Warna, Kawah Sikidang maupun Komplek Candi Arjuna.

2 Replies to “Apa Sih Purwaceng Itu ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.