Telaga Cantik Menjer, di Ketinggian 1201 mdpl

Telaga Cantik Menjer, di Ketinggian 1201 mdpl

telaga menjer dieng
Pemandangan Telaga Menjer saat pagi hari, terlihat perbukitan indah di sekeliling Telaga Menjer Dieng

Dieng memang banyak mempunyai telaga-telaga atau danau-danau cantik seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Dringo, Telaga Cebong dan lain sebagainya. Masing-masing telaga tersebut juga mempunyai daya tarik tersendiri. Sebagai contoh telaga cantik yang berada di ketinggian 1201 meter di atas permukaan laut yakni Telaga Menjer.

Akhir-akhir ini banyak para wisatawan yang mengunjungi telaga ini karena memang Telaga Menjer adalah salah satu telaga terluas dan terluas di area Dieng Plateau Kabupaten Wonosobo. Telaga Menjer terbentuk akinat letusan gunung berapi di daerah Dieng yang sekarang berbentuk lubang kapundan kawah yang sangat luas sehingga mampu menampung sumber-sumber mata air yang berasal dari segenap penjuru sisi-sisi telaga.

telaga menjer wonosobo
Landscapet Telaga Menjer terlihat sepenuhnya dari perkebunan teh

Selain menawarkan pemandangan nan eksotis Telaga Menjer ini di manfaatkan untuk Pembangkit Listirik Tenaga Air (PLTA) yaitu sebesar 24 MW. Air Telaga Menjer di alirkan dengan pipa-pipa besar berdiamere 2,6 meter sepanjang 28 km. Air ini dialirkan dari ketinggian 1201 mdpl mengalir menuju Desa Garung di ketinggian 996 m dpl yaitu merupakan lokasi turbin berada. Makanya tak heran saat menuju ke Telaga Menjer kita akan melihat pipa-pipa aliran air raksasa yang begitu besar dan panjang berwarna hijau disepanjang jalan.

Telaga menjer
Pipa raksasa berdiameter 2,6 m sepanjang 2,8 km yang di manfaatkan untuk PLTA berasal dari Telaga Menjer. Pipa ini terlihat di sepanjang jalan menuju Telaga Menjer

Cara menuju ke telaga yang satu ini sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan jalur satu yaitu jalur dari arah Desa Garung. Sebelum pasar tradisional garung tepatnya di pertigaan dan disitulah keberadaan pintu gerbang utama menuju Telaga Menjer yang bertuliska PLTA Garung. Garbang ini berada si sebelah kiri jalan.

petunjuk arah ke telaga menjer
Petunjuk arah ke Telaga Menjer

Saat menuju ke Telaga Menjer melalui gerbang ini, Anda akan merasakan sensasi perjalanan yang berbeda yaitu jalan yang meliuk tajam disana. Dan di sepanjang jalan menuju telaga banyak tanaman sayur mayur seperti cabai, kubis, sawi dan yang paling dominan adalah tanaman labu siam. Hampir di area ini Anda dapat menemukan petani yang sedang memanen labu siam di ladang mereka tentunya pemandangan yang hijau ini sungguh dapat menyegarkan mata, apalagi bagi Anda yang terbiasa hidup di kota metropolitan yang selalu melihat gedung-gedung tinggi disana.

jalanan menuju Telaga Menjer
Jalanan menuju Telaga menjer

Tak lama dari gerbang pintu masuk sekitar 10 menit sampailah kita ke Telaga Menjer nan indah ini. Telaga Menjer dengan luas kurang lebih 70 hektar dan memiliki kedalaman 60 meter juga dimanfaatkan untuk pembudidayaan ikan tawar dengan keramba-keramba di tepi telaga.

Pemandangan yang sangat indah dengan lekuk lembah melekuk diantara perbukitan tinggi yang membentang luas di sekeliling Telaga Menjer apalagi ada pepohonan cemara tertata rapi di sana akan memanjakan mata pera pengunjungnya.

Let’s go adventure in Menjer Lake

telaga menjer
Wisatawan asyik berfoto di area Telaga Menjer Wonosobo Dieng

Jika menyukai petualangan Anda dapat berjalan berkeliling di telaga luas ini mengelilingi perbukitan dan perkebunan teh yang terhampar luas. Dari perkebunan teh inilah pemandangan Telaga Menjer dapat dilihat sepenuhnya. Di Telaga Menjar inilah ada rakit-rakit bambu di tepian telaga yang tengah hilir mudik membawa wisatawan mengelilingi Telaga Menjer.