candi bima dieng jawa tengah

Inilah Candi Bima, Candi Termegah dan Terbesar di Bumi Kahyangan

candi bima dieng jawa tengah
Inilah Candi Bima Dieng sebagai candi terbesar dan termegah di Dieng Plateau Central Java

Dieng tidak hanya identik dengan wisata alam saja, seperti pegunungan-pegunungan yang indah, kawah-kawah maupun telaga-telaga Dieng yang terhampar luas. Di Dieng inilah Anda juga dapat menikmati sajian wisata sejarah berupa bangunan candi.

Napak tilas mahakarya nenek moyang akan terasa mengasyikan, selain dapat pengetahuan sejarah masa lampau Anda juga dapat menghirup kesegaran alam Dieng yang segar tanpa polusi bahkan ditemani juga pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Ada beberapa komplek bangunan candi yang wajib dikunjungi seperti Komplek Candi Arjuna, Candi Setiaki, Candi Gatutkaca, Candi Dwarawati serta candi termegah bahkan terbesar di Dieng yaitu di kawasan cagar budaya Candi Bima.

Candi Bima Dieng
Candi Bima yang tampak dari sisi jalan sebelum masuk ke kawasan obyek wisata Kawah Sikidang Dieng

Candi-candi Dieng diperkirakan di bangun pada jangka waktu yang berlainan yaitu dari abad ke VII hingga abad ke XIII. Candi-candi di Dieng memang khusus di persembahkan bagi Dewa Civa karena candi-candi Dieng ini memang beraliran Hindu bahkan candi-candi Dieng memang tercatat candi beraliran Hindu tertua di Jawa. Hal ini bisa di lihat dari bentuknya yang kecil-kecil tidak terlalu besar dan memiliki relief yang sangat sederhana. Dari semua candi-candi di Dieng ada satu candi yang memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda yaitu Candi Bima itu sendiri.

Napak tilas sejarah tentang candi memang hal yang sangat menyenangkan ketika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng apalagi mengunjungi candi Bima sebagai candi termegah dan terbesar di Dieng. Disinilah kita akan mengagumi kecanggihan nenek moyang orang Dieng.

candi bima dieng
Bagian puncak dari bangunan Candi Bima ini sangatlah megah ada kemiripan dengan candi-candi Hindia dan tampak begitu kuna yang telah di bangun ribuan tahun silam

Untuk mengunjungi Candi Bima sangatlah mudah, candi Dieng yang baru selesai dipugar tahun 2014 ini mampu menarik peneliti kembali karena keunikannya. Candi Bima Dieng terletak masih di area obyek wisata Dieng lainnya, tepatnya di samping pintu masuk menuju obyek wisata Kawah Sikidang Dieng dan tidak jauh dari Telaga Warna maupun Dieng Theater.

Jika melihat sepintas dari tepi jalan memang Candi Bima mengundang para wisatawan untuk mengunjungi. Candi yang berbentuk bujur sangkar dan berukuran 4,55 m x 4,55 m merupakan salah satu candi di Dieng yang memiliki unsur gaya candi-candi di India yaitu terdiri dari tiga tingkatan mendatar.

Candi Bima Dieng ini juga digunakan sebagai tempat untuk upacara Pradaksina karena di temukan bekas tembok pagar yang mengelilingi candi ini. Di keempat sudut Candi Bima juga terdapat relief padma yang pastinya menjadi terlihat megah dan indah pada bangunan candi Dieng ini.

candi bima dieng
Pintu masuk Candi Bima yang di hiasi relief kala dan diyakini sebagai penjaga candi. Candi Bima Dieng ini merupakan salah satu candi yang menghadap ke arah timur.

Ada daya tarik sendiri saat mengunjungi kawasan cagar budaya Candi Bima tentunya sangat berbeda dengan candi-candi lain, selain bangunan candinya yang besar dan megah, di Candi Bima inilah terdapat arca kudu pada relung-relung candi. Arca kudu inilah yang sering hilang dan di curi orang. Langit-langit di dalam bangunan Candi Bima ini memiliki bentuk kerucut seperti piramida dan keempat sudut sisinya terdapat lubang-lubang yang diduga untuk menyusun batu di atasnya saat pembangunan candi. Dilihat dari susunan dalam Candi Bima yang berbentuk piramida dan sangat menarik ini memang benar bahwa usia Candi Bima Dieng memanglah sudah sangat tua dan lebih dari 1000 tahun silam. Itulah fakta-fakta unik di bangunan candi Dieng termegah dan terbesar di Dieng.

Hargai  dan lestarikan mahakarya nenek moyang yang tergoreskan di setiap bangunan candi, bagaimana mereka berfikir, bagaimana mereka membuat bahkan dengan peralatan sederhana tanpa tersentuh peralatan modern (save history Dieng right now).

Candi Bima Dieng
Candi Bima Dieng sebagai warisan budaya nenek moyang dan menjadi cagar budaya bangsa yang harus terus di lestarikan keberadaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.