Inilah lembah sumurup sebagai wahana petualangan alam

Inilah lembah sumurup sebagai wahana petualangan alam

lembah sumurup padang savana Dieng Plateau
Inilah lembah sumurup yang di kenal dengan Padang Savana Dieng dan tampak murup/nyala jika di lihat dari perbukitan sekitar yang mengelilinginya.

Ingin berpetualang ke Dieng tapi bingung mau kemana? Dieng merupakan daerah pegunungan yang banyak menawarkan kekayaan alam yang tersaji menjadi obyek wisata Dieng. Tidak hanya telaga-telaga, kawah-kawah, candi-candi, maupun sunrise saja yang menjadi daya pikat para wisatawan yang hadir. Terkadang memang ada wisatawan yang ingin mengunjungi Dieng dengan berpetualang . Jelajahlah ke Lembah Sumurup petualangan Anda akan di mulai di titik tersebut. Saat hendak berpetualang ke Dieng tentunya tidak mudah karena harus prepare perlengkapan yang semestinya di bawa. Tak hanya prepare perlengkapan saja persiapan fisik juga menjadi sangat penting ketika ingin berpetualang ke Dieng baru tentukan ingin kemana saja saat petualang ke Dieng. Sebenarnya banyak wahana untuk berpetualang seperti petualang ke Gunung Prau Dieng, petualang ke Telaga Dringo Dieng, petualang ke lembah sumurup Dieng maupun ke pegunungan-pegunungan lainnya yang mengelilingi Dataran Tinggi dieng.

telaga merdada dari bukit pangonan dieng
Landscape Telaga Merdada Dieng saat hendak menuju ke lembah sumurup yang dilihat dari Bukit Pangonan

Lembah Sumurup Dieng merupakan suatu tempat di Dieng yang akan memberikan kedamaian, kenyamanan dan cocok sebagai wahana petualangan. Lembah Sumurup ini terletak tepat di tengah-tengah bukit/gunung Pangonan. Tentunya orang-orang tau betul letak gunung pangonan karena tepat berada di tengah-tengah Dataran Tinggi Dieng. Kenalilah arti lembah sumurup sebelum beranjak berpetualang. Sumurup memang dari bahasa Jawa yaitu murup atau nyala. Jika melihat lembah sumurup dari kejauhan memang tampak menyala atau murup makanya di sebut lembah sumurup. Lembah sumurup ini akan tampak nyala saat musim kemaru tiba. Warnanya akan menjadi perpaduan hijau dan coklat. Sebenarnya apa sih yang membuat lembah ini murup? Sebenarnya banyak orang yang mengenal lembah sumurup ini sebagai Padang Savananyan Dieng. Di sinilah padang rumput terhampar luas dengan perbukitan-perbukitan kecil di dalamnya. Rerumputan inilah yang membuat daerah Lembah Sumurup terlihat nyala apalagi di sekeliling daerah ini merupakan hutan belantara akasia yang akan terlihat sangatlah kontras. Lembah Sumurup Dieng memang terletak di tengah-tengah area Dataran Tinggi Deng dan di prediksi telah terjadi letusan hebat ribuan tahun lalu di lembah sumurup makanya lembah ini terlihat seperti mangkuk besar dengan bentuk bulat dan ada perbukitan yang mengelilinginya.

Lembah sumurup padang savana Dieng
Lembah sumurup dengan padang savananya yang terlihat dari dekat

Ada beberapa spot objek yang tidak boleh di lewatkan oleh para petualang yang ingin menelisik lembah sumurup. Biasanya para Traveler akan mendaki Bukit Pangonan ini dari Museum Kaliasa Dieng yang terletak dengan Komplek Candi Arjunag Dieng. Memang jika melewati jalur ini agak berat tapi jangan salah Anda para petualang akan dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa indahnya. Keindahan alam yang begitu mempesona kita sebagai petualang/traveler sejati wajib menjaganya.

“Jaga Dieng, Jangan kotori Dieng, Lestarikan Dieng. Nikmatilah keindahan Panorama Dieng dan Jangan sedikitpun Menggoreskan luka terhadap Alam Dieng”.(Pesan untuk Dieng Travelers)

Lembah Sumurup padang savana Dieng
Para petualang Dieng merasa fun, asyik berfoto, melompat, berlari maupun menikmati keindahan alam sekitar lembah sumurup yang dikelilingi rimbunnya rimba akasia.

Rasa letih maupun capek tentunya akan hilang seketika saat Anda melihat kecantikan salah satu telaga Dieng yaitu Telaga Merdada. Telaga ini terlihat tepat di sisi kanan Anda dan menolehlah kesebelah kiri. Disitulah lembah sumurup berada. Memang luar biasa dan benar-benar nyala dengan warna-warna kuning, hijau serta coklat. Rasanya tak sabar ingin mengarungi segera lembah sumurup. Untuk mencapai lembah sumurup kita haru berjalan mengelilingi dan menuruni perbukitan terlebih dahulu serta menyibak pepohonan akasia gunung yang masih rimbun a fantastic read. Suasananya memang sunyi senyap maka direkomendasikan untuk membawa kawan-kawan sebagai teman perjalanan petualangan agar bisa memecahkan heningnya suasana alam.

padang savana lembah sumurup Dieng
Lembah Sumurup juga sebagai incaran utama para Photografer

Setelah beberapa menit berlalu sekitar 45 menit sampailah Anda di lembah sumurup yang di sebut-sebut padang savananya Dieng. Rebahkanlah tubuh Anda keluarkan kameran Andalan Anda agar moment berharga ini tidak hilang sia-sia. Anda para petualang sejati akan menikmati keindahan landscape lembah sumurup, berjalan, berlari bahkan menelusuri setiap sudut yang ada. Come on, Dont miss it!