Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Dieng

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Dieng

telaga warna dieng

Saat Anda mengunjungi sebuah tempat wisata pastinya telah di agendakan saat liburan tiba, tentu ada pertanyaan inti kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke obyek wisata tersebut. Terkadang cuaca maupun musim menjadi salah satu hal utama yang perlu di peikirkan matang-matang apalagi mengunjungi daerah-daerah yang sama sekali belum Anda ketahui contohnya saat mengunjungi obyek wisata Dieng karena berada di daerah pegunungan musim dan cuaca menjadi pertimbangan utama.

Ada beberapa informasi penting jika Anda ingin menghabiskan masa-masa weekend maupun liburan bersama keluarga ke daerah pegunungan khususnya Dieng. Kondisi cuaca maupun musim akan menjadi hal pokok saat akan mengunjungi tempat-tempat wisata alam seperti Dataran Tinggi Dieng. Memang wisata yang berbau pegunungan paling ideal dikunjungi saat musim kemarau tiba seperti di bulan-bulan July, Agustus maupun September akan tetapi saat musim penghujanpun juga bagus untuk di kunjungi bahkan menyimpan fenomena-fenomena alam menarik juga di dalamnya.

Dieng merupakan wisata pegunungan yang sudah banyak orang mengetahuinya. Sebenarnya musim hujan maupun musim kemarau tidak akan jadi masalah utama jika hendak mengunjungi Dieng. Bahkan ada beberapa fenomena menarik muncul saat kedua musim ini tiba. Saat musim kemarau jika Anda berwisata ke Dieng tentunya dalam mengunjungi semua obyek wisata akan maksimal dan tidak terhalang hujan ataupun kabut. Di musim kemarau udara di Dieng menjadi kering saat siang hari bahkan bisa di katakan udara di Dieng terbilang ekstrim. Para wisatawan dapat merasakan sensasi udara Dieng yang sangat dingin yaitu hingga nol derajad.

Di pagi hari sebelum matahari muncul Anda dapat melihat bun upas Dieng yaitu embun beku yang membentuk kristal-kristal es dan menempel di dedaunan. Daerah yang sering bersalju adalah di kawasan Komplek Candi Arjuna Dieng. Tidak hanya itu saja yang akan di dapat saat mengunjungi Dieng di musim kemarau. Saat menyaksikan matahari dari bukit sikunir, Golden Sunrise Sikunir akan tampak lebih sempurna seperti kuning telur. Sensasi alam lain yang dapat dinikmati ketika musim kemaru di Dieng adalah saat berkunjung ke Telaga Warna. Disaat musim inilah telaga warna selalu memamerkan warna-warna cantik dan terbilang warna-warna yang di hasilkan sangatlah pekat atau tidaklah pucat.

Ada fenomena alam tersembunyi saat musim penghujan tiba. Jangan takut dan jangan risau untuk mengunjungi Dieng. Di musim penghujan ini Anda akan menemukan pemandangan alam yang sangat spesial dan tidak ada saat musim kemarau tiba. Tentunya masih ingat dengan sebutan “Dieng Negeri di Atas Awan”

Saat inilah kita benar-benar dapat menyaksikan awan-awan tebal melayang-layang tepat di bawah kita jika keberuntungan di tangan Anda dan tidak tertutup kabut. Negeri di atas awan ini biasanya muncul di Bulan Oktober hingga Maret. Ada beberapa fase ketebalan awan yang dapat di saksikan jika Bulan Oktober hingga pertengahan Desember awan akan terlihat sangat kental dan putih pekat. Waktu untuk menyaksikann Dieng Negeri di Atas Awan yaitu saat menikmati indahnya sunrise dari Bukit Sikunir maupun dari Gunung Prau Dieng.