Gunung Prau

Gunung Prau

Dieng merupakan surganya para pendaki. Banyak perbukitan maupun gunung-gunung yang memberikan seribu keindahan di dalamnya. Pengalaman baru pun akan di dapat bagi siapapun yang tidak enggan berjelajah dengan mendaki gunung-gunung di Dieng. Banyak sekali pilihan gunung-gunung dieng yang aman di daki oleh para climber. Gunung-gunung maupun perbukitan yang sangat fenomenal sebagai obyek wisata pendakian diantaranya Gunung Prau, Gunung Pakuwojo, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing,Gunung Pangonan, Bukit Sikunir, Bukit Sikendil dan masih banyak lagi pilihan pendakian di Dieng. Gunung yang paling fenomenal saat ini dan selalu menjadi tranding topik bagi semua wisatawan adalah Gunung Prau. Gunung Prau Dieng sangatlah terkenal apalagi di kalangan para climber yang suka dengan wisata petualang/adventure. Hampir setiap hari pendakian Gunung Prau Dieng di padati para wisatawan yang hendak melihat keindahan Dieng secara utuh.

Gunung Prau Dieng memiliki ketiggian 2.566 mdpl sehingga tidaklah telalu sulit untuk mencapai puncak gunung ini. Ada beberapa pilihan jalur pendakian di Gunung Prau Dieng diantaranya jalur pendakian dari Desa Patak Banteng/Jojogan, jalur pendakian Gunung Prau dari Desa Kalilembu dan jalur pendakian dari Desa Dieng Kulon. Jalur pendakian saat ini yang ramai di gunakan adalah jalur pendakian dari Desa Patak Banteng/Jojogan. Gunung Prau merupakan salah satu titik objek terbaik di Dieng untuk melihat matahari terbit, karena gunung prau terletak lebih tinggi dari pada pegunungan-pegunungan di Dieng lainnya jika cuaca mendukung dari sinilah kita dapat menyaksikan lautan awan yang begitu kental melayang-layang di kaki gunung dengan background Gunung Sindoro yang tampak menjulang tinggi. Makanya ribuan wisatawan yang hobby tracking tidak bakal melewatkan obyek wisata Dieng yang satu ini. Untuk menyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Prau kita di anjurkan untuk start mendaki pukul 01.00 dini hari. Bagi pendaki pemula akan menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Jalur pendakian prau masih terlihat terjal sehingga ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan perjalanan mendaki diantaranya, persiapan fisik yang kuat, memakailah sepatu khusus tracking, membawa jaket hangat, penutup kepala maupun kaos tangan karena di Puncak Gunung Prau sangatlah dingin dan berangin kencang, penerangan seperti lampu senter dan jangan lupa membawa bekal/logistik yang cukup.

Perjalanan mendaki pun akan terbayar setelah kita sampai di Puncak Gunung. Keindahan golden sunrise dan lautan awan akan di dapatkan jika cuaca mendukung. Jika hari sudah mulai terang kita akan melihat ribuan perbukitan kecil di puncak Gunung Prau. Makanya Gunung Prau Dieng di juluki sebagai Bukit Teletubies maupun Gunung dengan seribu bukit. Di Gunung Prahu Dieng inilah kita juga dapat melihat hamparan bunga daisy dengan warna putih, kuning, pink maupun merah.