Telaga Cebong

Telaga Cebong

Dieng merupakan daerah pegunungan yang kaya akan obyek wisata alam maupun bentang-bentang pegunungan yang tampak dramatis. Di Dataran Tinggi Dieng banyak juga telaga-telaga nan eksotis dan banyak dikunjungi wisatawan. Mungkin mustahil di pegunungan terdapat banyak telaga, nyatanya Dieng adalah surganya telaga-talaga cantik. Dieng memiliki desa yang di nobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu Desa Sembungan. Desa ini berada di ketinggian di atas 2000 mdpl. Didesa inilah telaga nan cantik berada. Telaga Cebong sebagai sebutannya. Mungkin nama cebong ini unik dan entah dari mana bahasa cebong berasal. Sebenarnya kata cebong berasal dari anakan katak yang masih mempunyai ekor dan belum berkaki. Itulah yang di sebut cebong.

Orang setempat menyebut telaga ini sebagi Telaga Cebong Dieng karena bentuk dari telaga tersebut mirip dengan anakan katak/cebong. Tentunya ribuan wisatawan telah menginjakkan kaki di Telaga Cebong Dieng karena Telaga Cebong ini terletak persis di kaki Bukit Sikunir yang terkenal akan Golden Sunrise Sikunir. Tepi dari Telaga Cebonglah yang di gunakan sebagai area parkir maupun tempat orang-orang menyeruput wedang hangat sebelum mereka mendaki Bukit Sikunir. Terkadang orang-orang yang hendak menuju Bukit Sikunir tidak sadar bahwa samping area parkir mobil mereka adalah sebuah telaga yaitu Telaga Cebong Dieng.

Landscape Telaga Cebong Dieng pastilah akan terlihat menawan jika dilihat dari Puncak BUkit Sikunir. Setelah para wisatawan menghabiskan waktu fajar mereka menyaksikan indalhnya Golden Sunrise Sikunir pastilah akan langsung bergegas ke spot obyek yang berbeda untuk melihat indahnya Telaga Cebong Dieng. Telaga yang memiliki posisi tepat di tengah-tengah perbukitan menjadi daya tarik tersendiri. Dari tepi Telaga Cebong Dieng Anda juga dapat menikmati angin segar pegunungan di tepi telaga.

Jika hendak merasakan dinginnya malam Dieng, tidak sedikit para wisatawan memanfaatkan tepi Telaga Cebong untuk mengadakan acara camping. Telaga Cebong Dieng telah menjadi nadi kehidupan di Desa Sembungan yaitu desa tertinggi di pulau Jawa. Air telaga ini di manfaatkan untuk menyirami area pertanian kentang di kala musim kemaru tiba dan resapan airnyapun untuk kebutuhan sehari-hari desa setempat. Keindahan Dieng tak ada habisnya air Telaga Cebong ini juga mengalur ke hilir dan membentuk air terjun yang sangat fenomenal yaitu Air Terjun Sikarim yang tepat berada di bawah Desa Sembungan Dieng.