golden sunrise sikunir dieng plateau

Sunrise Sikunir

Dataran Tinggi Dieng merupakan daerah pegunungan yang kaya akan obyek wisata alamnya. Gunung-gunung Dieng, candi-candi Dieng, telaga-telaga Dieng, kawah-kawah Dieng, pertanian Dieng maupun fenomena unik yang dapat di ada di Dataran Tinggi Dieng. Dieng mempunyai banyak pegunungan dan semuanya mempunyai karakteristik sendiri-sendiri dan juga memamerkan keindahan masing-masing salah satunya adalah Bukit Sikunir yang selalu menyimpan sejuta keindahan. Tentunya tidak asing lagi jika kita menyebutkan kata Sikunir lebih tepatnya adalah Bukit Sikunir. Sikunir adalah sebuah bukit di Dataran Tinggi Dieng yang selalu ramai di kunjungi oleh para pelancong.

Bukit Sikunir menjadi salah satu obyek maupun destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Di Bukit Sikunir inilah kita dapat menyaksikan indahnya matahari terbit yang berwarna emas yang sering juga di sebut Golden Sunrise Sikunir. Banyak orang awam yang tidak tau Dieng sama sekali, makanya jika Anda hendak menyaksikan sunrise sikunir di sarankan untuk mengajak orang yang sudah benar-benar tau Dieng maupun mengikuti ragam paket wisata yang telah di sediakan oleh penduduk setempat. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum menuju obyek wisata dieng yang satu ini yaitu menikmati sunrise sikunir diantaranya harus menyiapkan fisik yang matang karena Anda harus mendaki bukit terlebih dahulu dengan ketinggian kurang lebih 500 meter den melewati medan yang terbilang lumayan terjal dengan tekstur masih tanah dan batu.

Yang paling fatal adalah ketika hendak melihat sunrise sikunit jangan sampai salah perlengkapannya seperti sepatu yang di pakai harus benar-benar sepatu khusus untuk tracking, jangan pula  lupa menggunakan jaket hangat dan lampu penerangan yang cukup seperti senter karena di Bukit Sikunir belum ada penerangan jalan khususnya di jalur pendakian. Meskipun harus berjuang untuk menaiki Bukit Sikunir yaitu bangun pagi-pagi dan harus mendaki terlebih dahulu tapi tidak sama sekali menyurutkan para wisatawan untuk sampai ke puncak Bukit Sikunir untuk menyaksikan sunrise sikunit. Semua kelelahan dan keputusasaan akan segera terbayar ketika Anda sampai di puncak Bukit Sikunir. Di situlah warna emas matahari mulai terpancar menyinari lembah-lembah Dieng nan indah. Landscape Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, dan Gunung Ungaran tampak menghiasi dan menemani terbitnya Golden Sunrise Sikunir. Hal inilah yang membuat sunrise sikunir menjadi obyek wisata utama di Dieng yang tersohor hingga ke mancanegara.

2 Replies to “Sunrise Sikunir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.